Entri Populer

Selasa, 16 Oktober 2012


Bahan Pembelajaran TIK XI-IPA

  1. Jelaskan  pengertian,intranet,  internet, LAN, WAN?
  2. Jelaskan macam-macam jaringan untuk mengakses internet
  3. Jelaskan tata cara memasang akses internet melalui Telkom Speedy
  4. Jelaskan pengertian, peran dan fungsi ISP
  5. Jelaskan macam-macam manfaat internet bagi pendidikan
Jawaban:
  1. Intranet adalah Jaringan Komputer  dalam lingkungan terbatas.
Internet adalah jaringan global komputer dunia yang besar dan sangat luas sekali dimana setiap computer saling terhubung satu sama lainnya dari Negara ke Negara lainnya di seluruh duniadan berisi berbagai macam informasi.
LAN adalah Jaringan Komputer dalam area yang terbatas seperti gedung, perkantoran dan sekolah.
WAN adalah jaringan komputer dalam area yang lebih luas, WAN merupakan gabungan beberapa LAN. WAN mempunyai cirri kesamaan akan kebutuhan, software, dan kegunaan.
  1. Macam-macam jaringan antara lain adalah
Koneksi SLIP/PPPUntuk transfer data yang lebih cepat sehingga kamu dapat menjalankan program yang ada di Internet. Kamu tidak perlu mengirim data per karakter melalui modem.
OnLine atau DialYaitu account online melalui ISP atau sering disebut sebagai shell account. Penggunaan account lebih terbatas dan diutamakan pada biaya yang rendah. Online account biasanya disediakan dari beberapa instansi, yaitu Internet Provider, Online Service yang bersifat komersial, universitas, pemerintah, atau organisasi non-profit.
Internet KabelMerupakan sistem yang terhubung ke Internet melalui kabel yang digunakan untuk TV (TV cable).
Koneksi SatelitYaitu menggunakan fasilitas satelit untuk menerima layanan Internet.
Jalur yang Disewakan atau Leased LineUntuk memakai line atau jalur yang disewakan, perlu memakai TCP/IP pada suatu LAN. Untuk membuat jalur yang dapat disewakan, selain kompleks juga diperlukan waktu lama. Biasanya, perusahaan menggunakan line ini untuk dijual kembali ke perusahaan menengah atau kecil.

Intregated Services Digital Network (ISDN)
Yaitu menggunakan saluran telepon yang menggunakan sirkuit khusus dengan kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan saluran telepon biasa.
Wireless ConnectionsYaitu akses Internet tanpa kabel yang biasanya digunakan untuk pager, telepon selular, dan PDA
Web TVMenyediakan layanan web dan e-mail dengan menggunakan perangkat televise.
GPRS (General Packet Radio Service)
Digunakan pada telepon genggam untuk transfer data melalui gelombang radio.
  1. Tata cara memasang internet melalui Telkom speedy adalah yang pertama kita perlu mempersiapkan:
  2. Perangkat komputer, modem disediakan sendiri oleh pelanggan
  1. Standar minimal spesifikasi teknis komputer (minimum requirement) :
-          Pentium II Processor
-          Ram 64 MB
  1. Hardisk dengan kapasitas 2 GB Apabila secara teknis diperlukan penggantian modem untuk mendapatkan jenis layanan yang baru, maka penyediaannya menjadi tangung jawab pelanggan sepenuhnya. Sedangkan Telkom akan menyediakan beberapa alat. Dengan memilih Speedy sebagai solusi kebutuhan akses internet Anda maka anda akan mendapatkan Layanan dari TELKOM sbb :
-          Instalasi spliter di customer premises (sisi rumah pelanggan)
-          Garansi Kecepatan Akses Internet sampai dengan Broadband RAS
-          Line Akses Broadband sesuai dengan jenis layanan
-          Akses Internet melalui ISP TELKOMNET
  1. Setelah semua itu terpenuhi anda bisa mendatangi lokasi terdekat penyedia Telkom Speedy dan silakan unruk melakukan administrasi dengan mereka dan mereka akan dating ke rumah anda.

  1. ISP (Internet Service Provider) merupakan suatu perusahaan yang menyediakan  jasa internet.
Peran ISP adalah Sebagai penyelenggara jasa internet. Mereka biasanya menyediakan jasa seperti hubungan internet, pendaptaran nama domain dan hosting.
Fungsi ISP adalah menghubungkan jaringan baik secara domestik  maupun internasional sehingga PELANGGAN atau PENGGUNA dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global.
  1. Manfaat internet bagi pendidikan adalah
    1. Dapat membantu siswa maupun guru dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Seperti laporan makalah ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan lain-lain. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kerepotan dalam mencarinya.
    2. Bukan hanya makalah, laporan penelitian juga bisa seperti jurnal yang hanya bisa didapatkan di internet atau juga bisa melalui perpustakaan. Tapi hanya perpustakaan tertentu saja yang menyajikan jurnal tersebut. Biasanya hanya terdapat di perpustakaan universitas.
    3. Selain itu juga, Internet dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar menjadi mudah. Misalkan seorang guru memberikan tugas lewat sebuah situs dan siswa diminta untuk menjawabnya dan jawabannya di cari lewat search engine, seperti yang dilakukan oleh SMA AL-Baladul Amin.
    4. Internet bisa diumpamakan sebagai seorang pengajar  yang sangat jenius. Karena apa saja yang kita tanyakan pasti akan bisa terjawab dan kita bias belajar dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar